tips-sekretaris-generation-gap
 

tips-sekretaris-generation-gap

Dear Sekertarisku,
Mohon bantuannya nih tips sekretaris untuk fresh graduate seperti gw. Ketika kerja ternyata bos gw tua banget, jadinya rada kagok nih pas kerja dan berhubungan dalam sehari-hari. Sebetulnya apa sih yang perlu gw ketahui?

Thank you ya – Verna

Jawab:

Salah satu kesulitan untuk fresh graduate adalah harus berurusan dengan kesenjangan generasi. Perbedaan umur sebenarnya bukan menjadi masalah di dunia kerja professional, namun kadang masalah ini terjadi. Sebetulnya kesenjangan generasi ini terjadi berdasarkan perbedaan cara pandang saja terhadap sesuatu.
Ada generasi yang menilai pekerjaan adalah diatas segalanya dan adapula yang menilai individualitas adalah cara untuk unggul dalam pekerjaan.

 

Isu Teknologi

Perbedaan diantara kedua generasi ini adalah treatment mereka terhadap teknologi. Memang tidak semua orang yang berumur adalah gaptek, tapi seringkali bila beliau-beliau ini ketinggalan terhadap perkembangan teknologi dan mereka membiarkan anak muda untuk menghandlenya.

Disisi lain, generasi muda biasanya sangat agresif dalam menggunakan tekonologi. Bahkan teknologi menjadi bagian dari pola hidup dari generasi muda. Hiburan, komunikasi dan bahkan kerja pun bida dibuat mobile.

 

Mempelajari Nilai dan Tradisi

Generasi muda biasanya tampil agresif dan ngotot dalam mencapai goal mereka. Namun perlu banyak belajar dari generasi yang lebih berpengalaman di atasnya. Telah menjadi fakta bila senior-senior yang berumur itu telah bertahan sekian lama dibidangnya. Mereka tentu lebih faham dunia kerja ini dan tau bagaimana untuk bisa sukses.
Diluar pengalaman kerja, nilai-nilai yang berhubungan dengan pekerjaan juga hanya didapat dari generasi yang lebih berpengalaman, dari mereka inilah kita akan tau bagaimana kode etik dalam bekerja yang akan mengarahkan kita kepada sukses.

 

Mempelajari Inovasi dan Adaptasi

Disisi lain generasi tua bisa mempelajari satu atau dua hal dari generasi muda. Selain keunggulan generasi muda terhadap teknologi, kemampuan mereka untuk berpikir diluar kotak juga perlu diperhatikan. Ketika perusahaan tetap bertahan kepada metode tradisional mungkin saja bisa oke, tapi inovasi adalah salah satu cara untuk bisa memenangkan kompetisi. Generasi muda (seperti anda) sangat mudah berpikir diluar kotak karena sifat anak muda yang (rata-rata) berani. Kemampuan mereka dalam melihat inovasi bisa digabung dengan kemampuan adaptasi sehingga generasi muda bisa bertahan terhadap tantangan maupun perubahan.

Dua Golongan, Tujuan Sama, Jalan Berbeda

Kesenjangan generasi bisa dengan mudah menghancurkan harmoni di tempat kerja tapi juga bisa membuat perusahaan berkembang sangat mengagumkan. Fresh graduate bisa belajar satu atau dua hal dari yang senior dimana beliau-beliau pun bisa belajar hal baru dari karyawan baru. Ini adalah tips sekretaris dari kami.

Yang perlu semua orang sadari adalah semua orang mempunyai goal yang sama tapi dihadapkan pada jalan yang berbeda. Menggabungkan banyak cara itu menjadi satu itu sangat mungkin. Ketika deal-deal atau kesepahaman tercapai, kesenjangan generasi akan sangat mudah untuk diarahkan dan produktifitas akan meningkat secara signifikan. Memang situasi ini sangat menantang, tapi masalah ini bisa diatasi kok.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 16 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan