sekretaris-kerja-overload
 

sekretaris-kerja-overload

Dear SK, PA ditempatku baru aja berhenti bekerja, aku sebagai sekretaris dibawah PA langsung dapat limpahan pekerjaan yang menumpuk lebih dari biasanya nih. Bagaimana kah cara merespondnya?

Kabar buruk dari teman berhenti bekerja – apakah dengan mengajukan diri maupun dipecat oleh perusahaan – adalah tambah pusingny rekan kerja yang ditinggal ditempat kerja. Karena kurangnya tenaga kerja, jadinya kadang pekerja yang tertinggal harus membereskan pekerjaan-pekerjaan yang ada.

Anda mungkin bisa menetapi tanggung jawab anda tapi sedikit demi sedikit kadang-kadang tanggung jawab semakin besar tanpa terasa. Bila anda tidak bisa mengatasi hal ini, ujungnya anda akan sutris atau bisa pula dianggap tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan sehingga anda akan ikut menyusul di phk.

Ketika anda merasa pekerjaan anda semakin meningkat, berikut ini beberapa ide bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini.

  1. Jobdesc Harus Jelas
    Yang paling pertama harus anda tangani adalah kejelasan dari apa yang diharapkan dari bos terhadap anda. Karena kehebohan di kantor kadang anda akan diminta mengerjakan sesuatu yang bukan jobdesc anda tidak anda sadari. Setiap minggu, jelaskan jobdesc anda dan situasi di kantor kepada bos anda biar bos anda mengerti.
  2. Organize
    Satu-satunya cara untuk mengatasi kehebohan tanggung jawab dadakan adalah tau apa dan kapan harus dikerjakan. Jika jobdesc anda bertambah, anda harus memastikan semua hal ada pada tempatnya. Setiap Senin atau Jumat di check apa saja yagn harus dikerjakan dan apa targetnya.
  3. Bicara
    Jika terjadi pengurangan pegawai, jangan diam saja passive menunggu untuk mendapatkan jobdesc tambahan. Ini kesempatan anda, bicaralah pada bos maupun rekan kerja anda apa dan bagaimana yang harus dilakukan di kantor anda untuk bisa meningkatkan produktifitas kantor meskipun berkurangnya karyawan. Dengan demikian, anda bisa menunjukkan skill anda untuk mengatur beberapa hal.
    Tapi yah ini buah simalakama, persiapkan diri anda karena ketika anda mengusulkan sesuatu, biasanya anda yang akan diberi beberapa pekerjaan. Anggaplah itu sebagai tantangan baru.
  4. Istirahat
    Bertambahnya jobdesc akan memberikan anda dalam tekanan dan kadang stress yang membuat anda bingung harus melakukan apa. Jika hal ini terjadi, dikuat-kuatkan sampe waktu berakhirnya jam kerja, lagnsung pulang ke rumah dan istirahat total! Recharge! Persiapkan diri anda untuk menghadapi hari esok lagi.

Sahabat SKErs, jangan terintimidasi oleh bertambahnya tanggung jawab. Ini adalah kesempatan anda untuk menunjukkan kemampuan anda terhadap perusahaan. Jika anda berhasil mengatasinya, tentunya ini akan meningkatkan karir anda. 🙂

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 43 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan