Dear Sekretaris, gimana caranya sih supaya bos saya bisa ngikutin cara atau masukan saya? Kok rasa-rasanya mo salah mo bener itu si bos keukeuh aja ama caranya dia. Mungkin sekretaris ku punya solusi?

Semua keputusan akhir selalu ditentukan oleh Bos, tapi itu tidak berarti bahwa semua hal yang diinginkan bos akan jelek dimata kita. Ada cara yang bisa kita lakukan untuk membuat pendapat kita diterima dalam menentukan keputusan bisnis tertentu dan akhirnya bisa meyakinkan bos bahwa apa yang kita inginkan adalah hal yang benar untuk dilakukan. Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan supaya tujuan anda tercapai.

Kredibilitas Sebelum Bicara

Sebelum anda pergi ke depan dan berbicara dengan atasan anda tentang pendapat anda tentang hal-hal tertentu, pastikan bahwa anda adalah salah satu dari orang-orang yang perintahnya selalu dihormati meskipun tanpa posisi yang tinggi. anda akan melihat bahwa sebagian besar orang yang didengarkan oleh manajemen atas adalah orang-orang yang telah bekerja dengan perusahaan selama bertahun-tahun.

Alasan bagi bos untuk mendengarkan ide-ide mereka adalah bahwa mereka telah membangun kredibilitas mereka selama bertahun-tahun dan karena kesetiaan mereka kepada perusahaan, mereka tahu seluk-beluk bisnis dan memiliki pemahaman yang baik dari situasi bisnis.

Tetapi bahkan jika anda masih baru untuk perusahaan, anda masih dapat memiliki beberapa kredibilitas dalam menyajikan sisi anda untuk atasan anda. Yang dibutuhkan adalah untuk benar menyajikan ide-ide anda tanpa kesan memerintah. Tantangannya adalah bahwa anda tidak menunjukkan sebagai seseorang yang benar-benar agresif.

Jangan Maju Tanpa Solusi

Ketika ada beberapa hal yang tidak anda sukai dalam suatu topic, anda tidak dapat datang memberitahu atasan anda tentang hal itu begitu saja tanpa ada solusi. Sebelum anda mulai menyatakan pendapat anda, pikirkan solusi atau alternatif untuk isue tersebut. Pastikan bahwa solusi ini layak dan jangan sampai anda hanya membuang-buang waktu atasan anda. Menjadi yang selalu berpikiran segala hal bermasalah tidak akan bermanfaat bagi siapa pun.

Pendekatan Kolaborasi

Jika anda sedang melakukan presentasi tentang suatu solusi, jangan menjadi superhero dan menampilkan diri sebagai satu-satunya yang bisa mengurus masalah ini. Datang dengan solusi di mana setiap orang bisa melakukan sesuatu atau mencapai sesuatu. Dalam setiap situasi bisnis, setiap orang harus menyumbangkan sesuatu. Keuntungan lain dari menyajikan pendekatan kolaboratif sebagai solusi untuk masalah ini adalah bahwa anda membuat solusi serealistis mungkin. Bos anda harus dapat melihat keuntungan dari solusi anda dan mungkin melakukannya dengan cara anda.

Beradaptasi Strategi Boss Anda

Jika anda ingin meyakinkan atasan anda, berpikirlah seperti bos anda. Bos anda memiliki pendekatan khusus sesuai cara pandang dia dalam menghadirkan solusi untuk masalah ini. Gunakan pendekatan ini untuk merumuskan solusi alternatif. Karena anda menggunakan strategi yang sama dengan bos anda untuk datang dengan solusi yang berbeda, anda bisa meyakinkan dia bahwa ini adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Jangan Melangkahi Seseorang

Jika anda punya ide bagus, jangan pergi langsung ke pemilik perusahaan. Sampaikan informasi atau ide anda langsung kepada atasan anda terlebih dahulu sehingga mereka bisa menambahkan beberapa hal atau bahkan membantu anda dalam menyajikan ide. Pikirkan ini sebagai sebuah etika sopan santun dan cara profesional karena anda hanya seseorang dalam posisi yang lebih rendah dengan ide bagus dibanding atasan anda. Dengan bantuan mereka, anda dapat membujuk bos dan bahkan mendapatkan beberapa pujian karena gagasan itu.

Mudah-mudahan langkah-langkah diatas bisa membantu sahabat sekretaris yang mempunyai masalah yang sama. Harus di ingat, tidak ada langkah yang instan, semuanya perlu proses dan waktu yang tentunya memerlukan kesabaran anda.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 21 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan