sekretarisku – Dengan semakin berkembangnya abad Informasi, komunikasi dengan penggunaan Internet merupakan kebutuhan wajib, dan untuk sebagian orang masih banyak yang tidak mengerti bila ada aturan-aturan dasar dalam berkomunikasi di era digital ini, ini yang disebut netiket.

Dasar digitalisasi hanyalah angkat satu dan nol. Angka ini memungkinkan bagi perusahaan untuk berkomunikasi pada kecepatan cahaya, berbicara secara nirkabel di telepon, dan menjangkau pelanggan di benua jauh. Sayangnya, teknologi digital yang indah ini juga sangat mudah disalahgunakan. Jika anda seorang karyawan atau manajer di tempat kerja di mana netiket sering diabaikan, berikut dibawah ini dasar-dasar netiket yang bisa anda ikuti.

Email dan Instant Messaging

Berusaha profesional ketika menggunakan email sebagai sarana formal komunikasi di tempat kerja, serta ketika membuat memo resmi perusahaan dan dokumentasi digital. Bahkan, email yang diarsipkan kadang-kadang digunakan sebagai bukti dalam kasus hukum. Ketika anda menulis atau membalas email, gunakan format bisnis-surat profesional. Asumsikan bahwa seseorang di luar perusahaan dapat membaca pesan anda nanti. Jangan sertakan konten pribadi atau memalukan di tubuh pesan anda. Adapun fungsi “Reply All”, itu tidak perlu untuk menyertakan setiap orang dalam organisasi tentang masalah yang mungkin hanya melibatkan anda dan manajer anda. Beberapa perusahaan mungkin juga menyimpan log pesan instan. Gunakan yang benar, gunakan bahasa formal Inggris/Indonesia ketika mengirimkan pesan instan dengan rekan-rekan anda, ini semua merupakan dasar-dasar netiket.

Telepon Seluler dan Smartphone

Penggunaan smartphone juga meningkat popularitasnya. Sebuah artikel di bulan Mei 2011 di situs Kecil Tren Bisnis mengutip survei yang dilakukan oleh Portfolio.com menunjukkan bahwa 37 persen responden dalam bisnis ukuran kecil dan menengah menggunakan smartphone pada tahun sebelumnya, mencerminkan pindahnya mereka dari komputer desktop dan laptop ke gadget pintar. Jika tempat kerja anda adalah bagian dari tren ini, ikuti dasar-dasar netiket ketika menggunakannya. Berhati-hati untuk mengorbankan kemampuan anda untuk secara memadai melakukan tugas pekerjaan anda. Misalnya, keyboard mini di smartphone membuat menulis pesan menjadi sulit, dan hasil akhirnya adalah email yang tidak lengkap atau penuh singkatan yang membingungkan. Jangan mencoba untuk menulis dokumen perusahaan penting pada smartphone. Sebaliknya, gunakan pengolah kata berfungsi penuh pada komputer anda. Juga, cobalah untuk menggunakan ponsel anda untuk kegiatan bisnis saja, menghemat panggilan pribadi untuk keadaan darurat.

Jaringan sosial

Situs media sosial seperti Facebook dan Twitter memberikan kesempatan bisnis yang tidak mahal untuk menargetkan iklan di khalayak konsumen tertentu. Banyak perusahaan mempekerjakan staf tech-savvy yang memiliki keahlian dalam jejaring sosial dan memberikan dukungan pelanggan melalui media ini. Michael Thomas adalah direktur media sosial di BlueEyed Digital Marketing. Dia menulis “Netiket Cara Praktik Sosial Media” pada bulan Agustus 2011. Beberapa saran dari tulisannya terkait bisnis umum, seperti mengetik “halo” atau “selamat tinggal” saat berinteraksi dengan pelanggan. Lebih penting, Thomas menyarankan agar anda jelas dalam melakukan komunikasi melalui media sosial anda, tetapi berhati-hatilah apa yang anda katakan secara online. Jangan berbagi kegiatan internal perusahaan dengan dunia luar, terutama jika sesama karyawan memiliki profil pribadi dan berteman atau terhubung ke profil publik jejaring sosial di tempat kerja. Ini netiket sangat penting yang kadang terlupakan oleh kita semua.

Penggunaan Komputer

Jika anda menggunakan desktop kerja atau laptop, netiket yang harus diikuti adalah gunakan mereka sebagian besar untuk hal yang terkait dengan bisnis. Beberapa perusahaan usaha kecil dapat menyewa atau menyewakan peralatan komputasi, dan anda tidak ingin dokumen pribadi dan foto muncul di hard drive jika PC membutuhkan pemeliharaan atau harus dikembalikan ke perusahaan yang menyewakan. Juga, jangan menginstal game dan aplikasi hiburan lainnya yang mungkin memperlambat program bisnis penting. Terakhir, jangan menggunakan PC kerja anda untuk berburu pekerjaan lain atau menjalankan bisnis sampingan di tempat kerja. Beberapa perusahaan bahkan melarang membuat entri pada blog pribadi selama jam kerja.

sumber: click disini

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 48 kali

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit

WordPress spam blocked by CleanTalk.