sekretaris-ku-setres-kerja
 

sekretaris-ku-setres-kerja

Dear SekertarisKu,
Aku bingung nih, perasaan kerja tuh sumpeek terus dan gampang banget untuk stress, sebetulnya apa yang salah sih? saya musti gimana?
(someone di Bintaro)

Setress memang momok setiap orang, kadang hal itu datang tiba-tiba kadang ada pula yang datang seperti penyakit bulanan hehehe. Bila hal itu terjadi, tentu saja produktifitas kita menurun drastis. Kerja pun malas dan inspirasi pun sepertinya tidak dapat-dapat.

Perusahaan yang baik kadang melakukan segala cara untuk meredam hal ini, namun tentu saja pencegahan lebih baik dilakukan dibanding menangangi kerusakan yang telah terjadi bila stress terhadap karyawan keburu terjadi. Bagi sahabat SKers yang sering menghadapi hal ini, berikut cara umum yang bisa diperhatikan supaya stress tidak menghampiri.

1. Keteraturan Adalah Kunci
Salah satu cara yang baik untuk menghindari situasi kerja yang bikin stress adalah pengaturan/organisasi. Maksudnya adalah segala hal seperti meja anda, jadwal anda, workload, semua terorganisir dengan baik. Hal ini akan membantu ketika anda mendapatkan apa yang anda perlukan dengan mudah untuk menyelesaikan sebuah situasi yang terjadi tiba-tiba. Pekerjaan yang datang tiba-tiba ini akan mudah dihandle bila anda mempunyai perencanaan jadwal yang baik.

Ketika anda konsisten dengan pengorganisasian anda, sangat besar kemungkinan perusahaan akan mengetahui hal ini dan mengapresiasi pekerjaan anda (karena selalu tepat waktu). Dengan demikian, hal ini tentu akan mendukung reputasi anda yang akhirnya mendorong ke promosi anda.

2. Berpikirlah Sebelum Aksi
Seorang yang bijaksana adalah seorang yang bisa mengatasi stress. Ketika ada kejadian yang mendadak muncul, berpikirlah sebelum anda mengatakan apapun. Pekerjaan itu mungkin akan memberikan tantangan dan anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengerjakannya. Tapi langkah yang paling baik adalah mengatakan kepada bos anda bahwa anda tidak dapat mengerjakannya tapi dengan mood yang lebih kalem, tidak grabak grubuk dan tergesa-gesa. Memikirkan dengan jernih tugas yang diberikan juga menolong anda untuk menentukan jalan keluar. Ingatlah, bahwa dengan tantangan seperti inilah yang akan membuktikan kepada bos anda sebesar apakan kemampuan anda dalam menghadapi tekanan.

3. Selalu Tenang Setiap Saat
Akan selalu ada situasi di tempat kerja yang membuat semua orang menjadi panik. Tapi jangan biarkan emosi untuk mempengaruhi anda. Tetap fokus dan tenang untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. Panik tidak akan membuat sesuatu tambah lebih baik, yang ada malah tambah masalah. Anda tentu tidak akan berharap menjadi bagian dari orang yang akan membuat perusahaan anda jatuh bukan? Dengan tetap tenang juga akan menolong anda untuk bisa membangun skill leadership.

4. Selalu Update Dengan Orang Yang Tepat
Maksudnya bukan dengan mencari teman curhat loh. Stress yang berhubungan dengan kerjaan adalah kadang kerjaan ini muncul tiba-tiba. Untuk menghindari hal ini, aktiflah untuk mencari pekerjaan. Maksudnya, bila sahabat SKers telah selesai mengerjakan pekerjaan anda sebelum waktunya, tanya bos atau teman anda yang lain siapa tau ada pekerjaan yang bisa dibantu. Ini merupakan sebuah tambahan nilai untuk anda dalam memberikan bantuan kepada orang lain yang tidak bisa mengerjakan tanggung jawab mereka.

Jadi sahabat SKers, be calm dan confident yah!

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 25 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan