Berbicara tentang lensa tentunya akan berdampak juga dengan memilih framenya, dan berbicara tentang keduanya tentunya akan berdampak juga dengan pilihan selera dan gaya yang kita inginkan.

Tetapi dari ketiga unsur di atas tadi kita perlu urutkan satu persatu, dimulai dari point yang terpenting.

1. Tentang LENSA

Jika lensa hanya menjadi sebuah gaya penambah penampilan tentu tidak akan menjadi masalah. Tapi berbeda untuk mereka yang berkaca mata minus. Karena perlu diperhatikan bahwa ketipisan lensa minus ditentukan oleh indeks lensa. Semakin tipis lensanya semakin tinggi indeks lensanya. Ketipisan lensa minus ditentukan juga oleh CT (center thickness). Semakin kecil CT semakin tipis lensanya. Bahan lensa bisa dipilih dari kaca atau plastik, dan biasanya lensa plastik akan lebih ringan dari lensa kaca.

Tetapi tetap saja pertimbangan pemilihan lensa adalah harus aman dan nyaman, harus memikirkan alasan fungsional lensa,misalnya :

  • Yang bisa menahan sinar UV, untuk menghindari dampak negatif di masa depan seperti katarak.
  • Antirefleksi, selain lensa ini  mengatasi gangguan sinar terik matahari, lensa ini biasanya nyaris tanpa pantulan, sehingga seperti tidak menggunakan kacamata. Dan bisa lebih menonjolkan mata yang indah.
  • Antigores atau lensa supersin, menjaga terhadap goresan, kuat dan tahan lama.

2. FRAME/BINGKAI

Berbicara tentang pilihan frame tentunya tidak terlepas dari selera, dan gaya penampilan. Tetapi tetaplah memprioritaskan bingkai yang sesuai dengan kebutuhan, bentuk wajah, ringan dan nyaman. Jangan karena pertimbangan model frame yang keren saja, tapi bahan pembuat frame akan mempengaruhi kenyamanan jangka panjang dan kesehatan. Perbedaan bahan dan model dan memberikan kesan yang berbeda. Karena tidak jarang seseorang mempunyai kacamata khusus dan berbeda untuk setiap acara khusus, seperti pesta dan olahraga, dll.

3.   PERAWATAN LENSA

Perlu perhatian dan tidak sembarangan atau ceroboh dengan lensa kacamata kita. Lensa kacamata plastik harus dilapisi (hard multicoat) agar tahan gores, juga akan membuat lensa menjadi antirefleksi karena memiliki transmisi sinar 99% dan lebih baik secara kosmetis. Selalu dibersihkan dalam keadaan basah. Lebih baik dibersihkan secara berkala lensa dibersihkan dengan air sabun, dibilas dengan air bersih dan dikeringkan dengan tisu halus. Saat ini di optik juga tersedia kain pembersih yang terbuat dari microfibre yang sangat halus sehingga tidak akan menggores lensa dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 5 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan