Banyak dari sahabat sekretaris mungkin bertanya-tanya untuk apa sih kegunaan dari test kepribadian? Banyak pula diantara kita yang tidak menyukai test ini. Nah karena hal itu, pada kesempatan kali ini sekertarisku akan mencoba memberikan gambaran apakah manfaat test kepribadian itu bagi perusahaan sehingga perusahaan dan calon pekerja bisa saling memahami dan saling menguntungkan tentunya tanpa merasa dimanfaatkan. Berikut beberapa manfaat dari Test Kepribadian bagi perusahaan.

Hemat Waktu dan Biaya

Tes kepribadian menghemat banyak waktu bagi perusahaan, dan ini bukan hanya dalam proses wawancara. Dengan mewajibkan pemohon untuk mengambil tes kepribadian, perusahaan bisa lebih yakin bila mereka yang melamar adalah mereka yang benar-benar tertarik pada pekerjaan yang diberikan. Menambahkan tes kepribadian menjadi bagian dari proses rekruitmen menghilangkan sebagian besar orang yang tidak benar-benar tertarik. Hal ini membuat pekerjaan HRD lebih mudah untuk memilih, mana yang oke dan mana yang tidak.

Penyebab berikutnya kenapa test kepribadian menghemat waktu adalah karena perusahaan akan tahu apa ciri-ciri kepribadian dari individu yang mereka cari dalam waktu singkat. Mereka dapat membuat kriteria yang sesuai dengan yang mereka cari dan memanggil kembali kandidat yang memenuhi kriteria mereka. Komputer bisa melakukan proses ini sehingga sdm HRD tidak kerepotan untuk melakukan filterisasi. Dari hasil filterisasi komputer, kandidat-kandidat yang lebih sesuai akan dikirimkan ke HRD untuk proses selanjutnya atau wawancara selanjutnya.

Selain menghemat waktu, manfaat lain dari test kepribadian adalah mengurangi biaya. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi, tapi itu benar. Ketika departemen HRD mempekerjakan kandidat yang mempunyai ciri-ciri kepribadian tertentu, mereka akan bisa mempekerjakan seseorang yang secara pribadi mampu menangani pekerjaan dan tekanan atau tanggung jawab yang ada. Ini berarti bahwa individu yang disewa mempunyai peluang lebih besar untuk tinggal bersama perusahaan untuk jangka waktu yang lama. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk mendevelop kandidat baru supaya bisa sesuai dengan pekerjaan yang ada bila orang tersebut sewaktu-waktu keluar.

Lebih Akurat dari Wawancara dan Resume

Alasan lain menggunakan tes kepribadian di samping wawancara dan resume adalah perusahaan bisa melihat bagaimana seseorang bereaksi terhadap suatu kondisi atau skenario yang diajukan. Bagaimana orang bereaksi secara alami terhadap suatu keadaan tidak bisa didapat dengan hanya wawancara dan resume dari kandidat saja. Dengan demikian, perusahaan bisa lebih yakin bila kandidat yang dipilih benar-benar cocok dan bisa melaksanakan tanggung jawab yang sesuai dengan pekerjaannya nanti.

Bersiaplah Ketika Anda Melamar Kerja

Seperti yang sahabat sekretaris lihat di fakta-fakta di atas, sangat besar kemungkinan bila kita melamar kerja pada suatu perusahaan mendapatkan test kepribadian. Jangan berharap kita akan mendapatkan test kepribadian bila melamar perusahaan kecil. Biasanya anda mendapatkan test seperti ini ketika melamar sebuah perusahaan besar dimana ratusan orang mengular panjang berusaha untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan tersebut. Test ini bisa dilakukan secara langsung lisan face to face dalam bentuk wawancara, bisa pula anda diberikan sebuah lembar tanya jawab yang perlu anda isi secara online. Apa pun bentuknya, anda harus siap dan bila tiba waktunya, jawablah dengan jujur. Karena bila anda tidak jujur, bisa jadi ketika anda diterima nanti malah anda sendiri yang setress karena situasi pekerjaan tidak sesuai dengan kepribadian anda.

Advertising – Baca Juga :

Dilihat: 27 kali

Pin It

Tinggalkan Balasan