Home Konsultasi Kualifikasi Lowongan Sekretaris Profesional

Kualifikasi Lowongan Sekretaris Profesional

by webmaster
 

Sekertarisku – Peluang kerja menjadi seorang sekretaris memang menjanjikan. Bukan hanya gengsi, tapi kecukupan secara finansial juga menjadi faktor utama. Apalagi perusahaan tempat bekerja adalah perusahaan bonafit. Namun bagi anda yang sedang mencari lowongan sekretaris di sebuah perusahaan, ada baiknya memahami sedikit tentang seluk beluk sekretaris. Ada beberapa kualifikasi standar yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris. Biasanya pada informasi lowongan sekretaris sering dijabarkan tentang kriteria calon pelamar namun tidak terlalu lengkap. Berikut ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris.

Pengetahuan Umum
Tugas sekretaris sangat beragam. Profesi ini menuntut kecakapan dan kemampuan yang tidak main-main seperti memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan juga menguasai beberapa bahasa asing secara lisan mapun tulisan. Pengetahuan tentang misi, fungsi, tugas, dan semua yang berkaitan dengan struktur keorganisasian juga harus dimiliki oleh seorang sekretaris karena nanti pekerjaannya akan berhubungan dengan orang-orang yang berada dalam struktur organisasi tersebut. Selain itu sekretaris juga dituntut untuk menguasai tata kearsipan serta pengetahuan tentang peralatan perkantoran.

Pengetahuan Khusus
Pengetahuan ini lebih mengarah kepada relevansi ilmu terapan yang harus dikuasai secara dasar dalam suatu  perusahaan  tertentu. Misalkan sekretaris tersebut bekerja di bidang tekstil, maka ia harus menguasai ilmu tekstil untuk mendukung pekerjaannya di perusahaan tempatnya bekerja.

Keterampilan
Beberapa keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang sekretaris adalah:

  • Mampu menyusun laporan
  • Mampu menggunakan teknologi perkantoran
  • Memiliki pengetahuan tentang tata penyimpanan arsip
  • memiliki kemampuan berkomunikasi dengan telepon
  • Mampu menulis cepat
  • Memperbarui keterampilannya sesuai dengan perkembangan dunia usaha yang digeluti.

Kepribadian
Menjadi sekretaris yang baik bukan hanya soal kemampuan berkomunikasi dan keterampilan berbahasa asing. Namun yang paling utama adalah kepribadian yang baik. Pada informasi Lowongan Sekretaris tidak bisa diprediksi mana orang yang benar-benar kompeten atau hanya sekedar memiliki kualifikasi standar soal kemampuan ilmu terapan. Berbicara soal sekretaris tidak sedang membicarakan bakat. Kepribadian sangat sulit ditebak hingga seseorang benar-benar dikenali beberapa waktu.
Pada poin ini, tidak semua memiliki kriteria yang tepat dari segi kepribadian. Ada beberapa poin untuk menjadi pribadi yang baik sebagai sekretaris, yaitu:

  1. Memiliki penampilan diri yang menarik dan baik. Ini tidak tentang kecantikan, tapi bagaimana menghargai diri sendiri di depan orang lain.
  2. Memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan. Kepercayaan adalah hal penting bagi seorang sekretaris karena semua rahasia perusahaan dipegang sepenuhnya.
  3. Ketekunan, ketelitian, kejelian, kejujuran, sabar, ramah, serta bertanggung jawab.
  4. Memiliki rasa simpatik. Pandai membawa diri dan berbicara sopan.
  5. Tidak cepat menyerah. Sekretaris biasanya dihadapkan pada masalah besar yang harus dihadapi. Mental cepat menyerah seharusnya tidak ada dalam diri seorang sekretaris.
  6. Memiliki kebijaksanaan. Bersikap bijak pada saat tertentu sangat dibutuhkan dalam menjalani profesi ini.

Latihan
Semua keterampilan yang dimiliki seorang sekretaris akan terus dilatih selama menjalankan tugas. Inilah yang membuat perbedaan antara sekretaris junior dan sekretaris senior yang telah konsisten melakoni profesinya bertahun-tahun. Namun anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki pengalaman untuk terus melatih kemampuan anda. Cobalah untuk ikut di organisasi kepemudaan di tempat tinggal anda atau lingkungan kampus. Jika memang anda tertarik pada bidang kesekretariatan, anda bisa mengajukan diri sebagai sekretaris di organisasi itu. Salah satu cara yang baik untuk memulai menekuni bidang di dunia sekretaris. Biasanya pada iklan lowongan sekretaris akan diminta mencantumkan pengalaman kerja atau organisasi sebagai bahan pertimbangan.

Itu dia beberapa kualifikasi umum seorang sekretaris. Jika anda berniat melamar di lowongan sekretaris, silahkan perhatikan dan terapkan poin-poin tersebut. Jika masih ada kekurangan silahkan gali potensi anda sebaik mungkin untuk mencapai kriteria yang baik sebagai seorang sekretaris profesional.

Dilihat: 911 kali

Pin It

You may also like

Leave a Comment